Analisis SWOT

Analisis SWOT bisa dipakai untuk mengevaluasi strengths (kekuatan), weaknesses ha(kelemahan), opportunities (peluang) dan threats (ancaman) bagi suatu bisnis baru. Analisis ini sangat populer dan dipakai untuk banyak tujuan. Analisis ini sederhana tapi sangat efektif dan memungkinkan wirausahawan menganalisis kelayakan ide bisnisnya. Kerangka SWOT berbentuk empat persegi dengan empat kuadran, semua terkait dengan mencapaian sasaran, dalam hal ini adalah kelayakan peluang bisnis.



Dua kuadran atas mewakili kekuatan dan kelemahan yang bisa dikendalikan wirausahawan. Kekuatan adalah sifat organisasi yang membantu mencapaian sasaran. Kelemahan adalah sifat organisasi yang menghambat pencapaian sasaran. Dua kuadran bawah mewakili peluang dan ancaman yang berada di luar kendali wirausahawan. Peluang adalah kondisi eksternal yang membantu pencapaian sasaran. Ancaman adalah kondisi eksternal yang menghambat pencapaian sasaran.

Disarankan membuat tabel kosong analisis SWOT (empat kuadran) sehingga wirausahawan bisa mulai mengidentifikasi isi masing-masing kuadran. Jelas unsur subyektivitas akan cukup kental sehingga penyajian hasil identifikasi penting artinya untuk menjaga obyektivitas serta kedalaman intelektual analisis SWOT yang dilakukan secara individu. Umumnya wirausahawan kurang cermat dalam mengidentifikasi faktor-faktor negatif (kelemahan, ancaman) dibandingkan dengan faktor-faktor positifnya. Hal ini bisa mengurangi obyektivitas keputusan akhir mengenai kelayakan ide bisnis. Seperti halnya teknik-teknik lain, disarankan melakukan latihan secara kelompok. Selama latihan anggota kelompok tidak boleh ragu-ragu mempertanyakan arti dan penempatan komponen-komponen pada empat kuadran tabel SWOT.
no image
Item Reviewed: Analisis SWOT 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!